Pengertian dan Persyaratan untuk mendapatkan Restrukturisasi Kredit dari Bank BTN BRI BNI Mandiri BCA Finance BPR Maybank Adira FIF Oto Plus dan Pegadaian selama terdampak wabah Corona Covid 19, Relaksasi Kredit..

Pengertian dan Persyaratan Restrukturisasi / Relaksasi Kredit Bank BTN BRI BNI Mandiri BCA Finance BPR Maybank Adira FIF Oto Plus dan Pegadaian.

Restrukturisasi Kredit

Restrukturisasi kredit adalah upaya perbaikan yang dilakukan oleh bank terhadap debitur yang mengalami kesulitan dalam memenuhi kewajibannya pada bank. Restrukturisasi kredit bertujuan untuk penyelamatan kredit sekaligus menyelamatkan usaha debitur agar kembali sehat. Restrukturisasi kredit bisa dilakukan apabila bank mempunyai keyakinan bahwa debitur masih mempunyai prospek usaha yang baik dan mampu memenuhi kewajibannya setelah kreditnya direstrukturisasi. Restrukturisasi kredit dapat dilakukan dalam berbagai cara serta dapat dilakukan pada saat kredit belum termasuk dalam kriteria Non Performing Loan (kredit bermasalah).

Restrukturisasi kredit hanya dapat dilakukan terhadap debitur yang memenuhi kriteria sebagai berikut :

  1. Debitur mengalami kesulitan pembayaran pokok kredit atau bunga kredit.
  2. Debitur memiliki prospek usaha yang baik dan mampu memenuhi kewajiban setelah kredit direstrukturisasi.


Restrukturisasi kredit yang dilakukan antara lain melalui :

  1. Penurunan suku bunga.
  2. Perpanjangan jangka waktu kredit.
  3. Pengurangan tunggakan bunga kredit.
  4. Pengurangan tunggakan pokok kredit.
  5. Penambahan fasilitas kredit.
  6. Konversi kredit menjadi penyertaan modal sementara


Agar restrukturisasi kredit dapat terselesaikan dengan baik, debitur harus mempunyai insiatif dan itikad baik serta punya semangat tinggi untuk terus berjuang menghadapi kesulitan bisnisnya agar bisa kembali sehat. Debitur harus transparan agar permasalahan bisnisnya dapat dideteksi dengan benar sehingga dapat diselesaikan dengan tepat.

Dan yang terpenting adalah bersedia memikul kerugian, karena dalam restrukturisasi kredit tidak membahas masalah keuntungan, tapi berusaha mengurangi risiko kerugian. Sehingga pada dasarnya debitur dan bank sama-sama mendapatkan kerugian atau kehilangan beberapa kesempatan.

Dalam restrukturisasi kredit, debitur harus mempunyai Bisnis Plan (rencana bisnis) yang matang, agar bank bisa melihat dan memprediksi prospek usaha debitur kedepannya, serta bisa membuat proyeksi arah bisnis juga membuat cash flownya.

Segeralah berkonsultasi dengan pihak bank disaat bisnis atau usaha anda sedang mengalami kesulitan, terutama jika sedang terkena dampak covid 19. Jangan menunggu hingga menjadi kredit bermasalah atau kredit macet. Relaksasi Kredit mencakup semua jenis kredit termasuk Kredit Pemilikan Rumah (KPR).

Disadur dari halaman Wikipedia.

 

Salam Hangat,
Team Surya Harmoni
Pengertian dan Persyaratan untuk mendapatkan Restrukturisasi / Relaksasi Kredit Bank BTN BRI BNI Mandiri BCA Finance BPR Maybank Adira FIF Oto Plus dan Pegadaian selama terdampak wabah Corona Covid 19.

.

Dasar Hukum Pelaksanaan Program Restrukturisasi Kredit.

Undang-undang no. 7 tahun 1992 tentang Perbankan, sebagaimana telah diubah dengan uu no.10 tahun 1998 PBI No.7/2/PBI/2005 tanggal 20 Januari 2005 dan SE BI No.7/3/DPNP tanggal 31 Januari 2005 tentang Kualitas Aktiva Produktif PBI no.2/15/PBI/2000 tanggal 12 Juni 2000 tentang perubahan Surat Keputusan Direksi bank Indonesia No.31/150/Kep/Dir tanggal 12 Nopemer 1998 tentang Restrukturisasi Kredit SE BI no.7/190/DPNP/IDPnP tanggal 26 April 2005, dan SE BI no.7/319/DPNP/IDPnP tanggal 27 Juni 2005 tentang Kebijakan Restrukturisasi Kredit PP no.14 tahun 2005 yang diubah dengan PP no.3 tahun 2006 tentang Tata Cara Penyelesaian Piutang Negara/Daerah Bank harus memperhatikan ketentuan tentang kriteria apa saja yang perlu mendapat perhatian dalam restrukturisasi kredit di dasarkan ketentuan dan perundang-undangan sebagaimana yang telah ditentukan. Selain itu, dalam melakukan restrukturisasi, Bank wajib mengikuti Standar Akuntansi Keuangan dan PAPI (PSAK 31 dan 54, PSAK 50/55, PAPI revisi 2001), terutama perhitungan Present Value dan pengakuan kerugian restrukturisasi. Selain itu, Bank harus memiliki Kebijakan dan Pedoman secara tertulis sebagai panduan dalam melakukan restrukturisasi kredit.

Rumah Mewah Murah

Type 38 Felix

Type 48 Nevina

Type 56 Luxury

Type 60 Victory

Type 82 Hedona

Surat Aman & Terjamin