Rencana Pembangunan Pintu Tol Baru Sukodono Sidoarjo

Km 22 Desa Masangan Wetan atau Klopo Sepuluh.
Untuk mengurangi kemacetan di sepanjang jalan raya antara Waru, Aloha, Gedangan dan Buduran, serta sepanjang jalan raya Sukodono, Kletek, Geluran dan Taman. Pemkab Sidoarjo berencana membuka pintu tol baru yang lokasinya berada di desa Masangan Wetan atau Klopo Sepuluh, Sukodono, tepatnya di Km 22.
Rencana Pintu Tol Baru Desa Masangan Wetan Sukodono
Akses pintu tol tersebut direncanakan untuk memfasilitasi jalur ekonomi dari kawasan Sidoarjo menuju kawasan Surabaya dan Gresik, dan bisa menjadi jalur alternatif menuju kawasan Betro, Sedati, Sukodono dan Krian. Titik interchange Sukodono itu juga sangat dekat dengan jalan arteri Taman dan Waru yang selama ini menjadi jalur penting kawasan industri, didukung dengan sudah terselesaikannya jalan tol Waru – Mojokerto, maka pintu tol Sukodono ini kedepannya akan semakin efektif dan akan menunjang kelancaran menuju Kota Surabaya.
Pembangunan Pintu Tol Baru Desa Klopo Sepuluh Sukodono
Selain akses tol tersebut, Pemkab Sidoarjo sudah menganggarkan sejumlah peningkatan jalan kolektor yang terintegrasi. Misalnya jalan Kesatrian, Buduran akan dilebarkan hingga ke perempatan Dungus, Sukodono sampai ke Krian. Jalan itu juga akan terhubung dengan peningkatan jalan lain yang sedang dikerjakan dari perempatan Gedangan ke timur menuju Sedati.
Rencana Anggaran APBN untuk Pintu Tol Baru SukodonoRencana Gerbang Tol Baru Km 22 SukodonoRencana Interchange Desa Klopo Sepuluh Sukodono
Pemkab Sidoarjo juga mengusulkan pelebaran enam jalan layang (overpass / flyover) yaitu overpass Jalan Raya Sepande, overpass Jalan Anggaswangi, overpass Jalan Jumputrejo, overpass Jalan Masangan Wetan, overpass Jalan Sukolegok dan overpass Jalan Taruna Desa Kedungturi. Karena overpass / flyover tersebut menjadi penghubung beberapa jalan alternatif yang saling terhubung dengan beberapa Jalan Raya di Sidoarjo.
Pelebaran Jalan Layang Flyover / Overpass Masangan Wetan Sukodono
Pembangunan dan peningkatan fasilitas jalan tersebut sebagian telah dimulai dengan anggaran dari APBD Sidoarjo, khususnya untuk peningkatan jalan kolektor. Anggaran diarahkan untuk pembangunan kawasan cepat tumbuh. Sedangkan untuk pembiayaan pembangunan pintu tol di desa Klopo Sepuluh atau Masangan Wetan, Sukodono telah disepakati menggunakan biaya APBN, sebab pembangunan tersebut membutuhkan sejumlah pembebasan lahan yang anggarannya cukup besar.
Pembangunan Interchange Km 22 Desa Masangan Wetan Sukodono Sidoarjo
Rencana pintu tol tersebut sangat berguna untuk mengurangi kepadatan terutama truk dan kendaraan berat yang berasal dari kawasan industri Betro dan Sedati yang akan menuju kota Surabaya atau Sidoarjo tidak perlu melintasi Jalan Raya Gedangan, dari perempatan Gedangan cukup lurus ke arah Sukodono. Begitu juga yang dari arah Waru menuju Sidoarjo, tepat di perempatan Gedangan bisa langsung belok ke kanan menuju Sukodono.
Solusi untuk mengurangi Kemacetan di Jalan Raya Surabaya – Sidoarjo
Serta kendaraan dari arah Sukodono yang akan menuju kota Surabaya atau Sidoarjo bisa langsung masuk melalui pintu tol ini, sehingga akan mengurangi kepadatan di jalan raya Jemundo, Kletek, Geluran dan Taman. Perlu diketahui bahwa rencana lokasi Pintu Tol Sukodono ini hanya berjarak sekitar 1,5 kilometer dari lokasi perumahan Surya Harmoni.
Rencana Pintu Gerbang Tol Sukodono Dekat Perumahan Surya Harmoni
Sumber berasal dari informasi dan referensi berita di beberapa media, salah satunya dari Jawa Pos Group.

Salam hangat,
Team Surya Harmoni
Mengurangi Kemacetan dengan Cara Menambah Gerbang Tol Baru Surabaya, Sidoarjo, Pasuruan, Malang, Mojokerto, Gresik dan Madura.