Penataan Interior Ruang Rumah

Agar terlihat rapi, bersih dan efisien.
Ternyata masih banyak keluarga yang tidak bisa menata rumahnya agar terlihat rapi dan bersih, karena banyak faktor yang mempengaruhi kebersihan dan kerapian rumah, jika dalam keluarga yang menempati rumah ada anak kecil mulai umur balita sampai umur 8 tahun, maka bisa dipastikan keadaan rumah keluarga tersebut pasti akan sedikit berantakan atau bahkan bisa seperti kapal pecah (kata orang jawa).

Menata Interior Ruang Tamu
Contoh Penataan Ruang Tamu
Mengatur Interior Ruang Keluarga
Contoh Penataan Ruang Keluarga
Penataan Furniture Kamar Tidur
Contoh Penataan Ruang Kamar Tidur
Mengatur Tata Letak Kitchen Set Dapur
Contoh Penataan Furniture Ruang Dapur

Tapi sebenarnya yang membuat sebuah rumah menjadi terlihat rapi dan bersih adalah penataan rumah itu sendiri, terutama penataan interior rumah yaitu furniture, aksesoris, cat rumah dan plavon. Banyak orang yang asal – asalan dalam menata dan memilih furniture dan cat rumah sehingga rumah terlihat tidak rapi dan terkesan berantakan.

Berikut kami sebutkan beberapa tips mudah dan sederhana dalam melakukan penataan interior rumah agar terlihat rapi dan bersih :

  1. Saat baru pertama kali membeli rumah dan rumah dalam keadaan kosong, belilah furniture yang sesuai dengan ukuran rumah anda, seperti sofa, rak tv, tempat tidur, meja makan, almari, kitchen set dan lain – lain. Jadi ukurlah terlebih dahulu saat akan membeli furniture tersebut, bawalah selalu meteran saat akan membeli furniture. Jika futniture yang akan anda beli tidak sesuai dengan ukuran ruangan rumah anda, jangan memaksakan diri untuk membeli.
    .
  2. Untuk lebih amannya Anda bisa membeli furniture secara pemesanan sesuai ukuran rumah anda, banyak usaha furniture yang bertebaran diluar sana. Dan usahakan memilih furniture yang sesuai dengan cat ruangan rumah. Warna cerah dapat menimbulkan kesan lega dan ceria.
    .
  3. Setelah anda membeli furniture tersebut, tempatkan pada ruangan yang telah anda ukur sebelumnya, dan jangan pernah memindahkan ke ruangan lain yang tidak sesuai dengan ukuran furniture tersebut.
    .
  4. Saat membeli atau memesan furniture, usahakan membeli / memesan furniture dengan ukuran besar sekalian, terutama untuk almari, rak tv dan kitchen set, usahakan mepet antara tembok sampai atas plavon, sehingga akan memuat banyak barang, lebih efisien dan terlihat rapih, jangan membeli furniture ukuran kecil – kecil dan anda tempatkan berjajar didalam ruangan, itu akan terlihat tidak rapi dan tidak efisien.
    .
  5. Untuk menambah kesan alami, anda juga bisa menambahkan pot bunga, atau bisa menambahkan hiasan seperti gorden, lampu gantung / lampu tempel atau lukisan.
    .
  6. Jika rumah anda termasuk rumah type kecil, belilah furniture sesuai kebutuhan, jangan memaksakan diri untuk membeli banyak furniture karena akan membuat rumah anda penuh sesak dengan barang yang tidak berguna.
    .
  7. Perhatikan juga kerapian kelistrikan, jangan sampai kelistrikan terlihat keluar dari tembok atau furniture, disamping akan terlihat tidak rapi juga sangat membahayakan.
    .
  8. Jika ada barang atau furniture yang sudah tidak terpakai atau rusak, segeralah dimasukkan ke dalam gudang atau dijual, karena jika tetap kita taruh didalam rumah, maka akan membuat rumah penuh sesak dengan barang yang sudah tidak terpakai.

Harap diingat, bahwa rumah yang kita tempati harus menjadi tempat peristirahatan setelah kita lelah dan penat bekerja, rumah harus menimbulkan kesan nyaman dan santai. Rumah bukan tempat menumpuk barang dan perabotan, jadi jangan segan – segan untuk menyingkirkan barang – barang yang sudah tidak berguna dari rumah anda.

Sekian Tips dan cara mengatur interior ruangan rumah dari kami, semoga bisa bermanfaat bagi anda semua yang baru membeli rumah maupun yang sudah lama memiliki rumah.

Salam Hangat
Team Surya Harmoni
MENATA INTERIOR RUANGAN RUMAH AGAR TAMPAK BERSIH, RAPI DAN NYAMAN